Translate

Sunday, June 21, 2015

Materi Ujian Nasional 2016 Soal Dan Pembahasan SKL 3



PENDALAMAN MATERI UJIAN NASIONAL 2015 MATEMATIKA SMK (TEKNOLOGI, KESEHATAN DAN PERTANIAN) SKL 3 tentang Fungsi Linier, Fungsi Kuadrat, Program Linier, Sistem Pertidaksamaan Linier

Untuk pembahasan kali ini saya akan mengambil pembahasan kisi – kisi Ujian Nasional yaitu SKL 3 dimana SKL ini mempunyai kompetensi yaitu Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Fungsi Linier, Fungsi Kuadrat, Program Linier, Sistem Pertidaksamaan Linier dan saya akan membahasa per indikator dimana SKL 3 ini biasanya soal yang keluar dari nomor 7-11 ada 5 nomor sesuai dengan indiktornya yang terdiri dari 5 pembahasan dimana setiap indikator akan keluar satu soal. Di dalam SKL 3 ini sebenarnya ada rumus cepatnya di beberapa indikatornya dimana rumus cepat tersebut digunakan untuk mempercepat waktu pengerjaan.

1.      Fungsi Linier
Untuk fungsi linier yang keluar itu selalu dalam bentuk persamaan garis (Ax + By + C = 0) dimana persamaan garis tersebut bermacam – macam bentuk tapi yang biasa keluar di UN yaitu persamaan garis yang sejajar, persamaan garis yang tegak lurus, dan persamaan garis yang melalui dua titik. Berikut adalah pembahasan dari setiap persamaan garis adalah sebagai berikut :

a    A.      Persamaan Garis yang Saling Sejajar
Untuk model soal persamaan garis yang sejajar ada cara cepatnya maupun cara lambatnya dan saya akan memberitahukan kedua cara tersebut. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan contoh dibawah ini:
irfansandusi.blogspot.com
Dari soal diatas dapat kita cari menggunakan 2 cara yaitu lambat dan cepat. Didalam mengerjakan soal seperti ini kita harus memahami konsep Ax + By + C = 0
1.      Cara Biasa (Lambat)
irfansandusi.blogspot.com

2.      Cara Cepat
irfansandusi.blogspot.com
Dari kedua cara tersebut mudah kan asalkan kita tahu konsepnya dan lancar dalam perhitungan 1 menit cukup satu soal. Hehhe

b    B.      Persamaan Garis yang Saling Tegak Lurus
Untuk model persamaan saling tegak lurus variasi soalnya tidak jauh berbeda dengan persamaan garis yang sejajar. Untuk lebih memahami variasi soalnya saya akan memberitahukan cara menyelesaikan soal persamaan garis tegak lurus dengan 2 cara yaitu cara biasa (lambat) dan cra cepat. Mari kita lihat contoh dibawah ini :
irfansandusi.blogspot.com
Dari contoh diatas dapat dikerjakan dengan 2 cara yakni biasa (lambat) dan cepat. Dalam mengerjakan soal persamaan garis kita harus mengetahui konsep umum Ax + By + C = 0 dalam mengerjakan soal persamaan tegak lurus kita harus berhati – hati karena rumus biasa dan cepat itu hampir sama. Mari kita lihat pembahasannya sbb:
1.      Cara Biasa ( Lambat)
irfansandusi.blogspot.com
2.      Cara Cepat
irfansandusi.blogspot.com
Dari kedua cara tersebut mudah kan asalkan kita tahu konsepnya dan lancar dalam perhitungan 1 menit cukup satu soal. Hehhe

c    C.       Persamaan Garis yang melalui Dua Titik
Model soal untuk persamaan garis yang melalui dua titik yang biasa keluar (umum) itu model soalnya hanya seperti jarang divariasi tapi jika di variasipun kalau kita sudah mengetahui konsep dasarnya mudah ko. Kali ini saya akan memberikan contoh soal yang umum keluar di UN beserta dengan pembahasan baik cara biasa atau cepat.
irfansandusi.blogspot.com
Berikut adalah pembahasan dengan cara biasa dan cepat
1.      Cara Biasa ( Lambat)
irfansandusi.blogspot.com
2.      Cara Cepat
irfansandusi.blogspot.com
Dalam pengerjaan soal seperti ini baik menggunakan cara biasa atau cepat intinya sama dalam proses waktu namun jika kita sudah paham konsep materi ini dan hafal rumus cepatnya maka kurang dari 2 menit soal ini bisa selesai asalkan pandai dalam hitung – hitungan.

Cukup sekian untuk pendalaman materi fungsi linier yang intinya persamaan garis. Untuk bisa sukses dalam mengerjakan soal persamaan garis kalian harus paham konsep materi ini dan hafal rumusnya baik rumus biasa ataupun cepat. Untuk postingan berikutnya tentang pendalaman materi UN SKL 3 ini  dalam materi fungsi kuadrat dan program linier akan dilanjut dalam waktu dekat.

0 comments:

Post a Comment